Contoh Surat Pengunduran Diri Resign Kerja Yang Baik dan Benar

Contoh Surat Pengunduran Diri − Banyak hal yang bisa kita temukan dalam dunia kerja, baik itu hambatan, suka, duka serta pengalaman-pengalaman yang belum kita temukan di tempat lain. Hal yang paling ditakutkan oleh para karyawan adalah pemutusan hubungan kerja dari pihak perusahaan. Meskipun begitu, namun ternyata ada kalanya seorang karyawan malah memutuskan untuk mengundurkan diri (resign) dari tempat kerjanya dikarenakan suatu alasan dan pertimbangan tertentu. Maka dari itu, di kesempatan ini admin akan membahas cara mengundurkan diri yang baik dan benar melalui surat pengunduran diri kerja.

Tidak bisa kita pungkiri bahwa rasa bosan akan muncul ketika kita bekerja pada suatu perusahaan dengan jangka waktu yang sudah cukup lama. Sehingga timbul keinginan di dalam diri kita untuk mencari suasana kerja yang baru. Selain karena alasan tadi, tidak sedikit juga yang resign kerja dikarenakan alasan sudah mendapatkan pekerjaan yang lebih lain, tertekan, membuka usaha sendiri, ataupun karena gajinya yang tidak sesuai.

Gambar untuk Contoh Surat Pengunduran Diri Resign Kerja Yang Baik dan Benar

Tentunya anda mau supaya surat pengunduran diri yang anda buat dapat disetujui oleh pimpinan perusahaan anda bukan? dengan cara tidak akan mengurangi citra baik anda di depan pimpinan perusahaan. Jika anda menginginkan seperti itu, maka anda haruslah menghindari pencatuman alasan-alasan negatif anda meninggalkan perusahaan tersebut. Misalnya seperti resign karena faktor gaji ataupun karena berkeinginan kerja di tempat lain.

Tips Cara Membuat Surat Pengundurun Diri Kerja Yang Baik dan Benar

Pada dasarnya membuat surat resign kerja sama halnya dalam membuat surat lamaran kerja. Hal utama yang harus diperhatikan tentunya adalah bahasa yang digunakan haruslah berdasarkan ejaan yang baik dan benar. Jika menggunakan bahasa Indonesia maka haruslah sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan jika menggunakan bahasa Inggris, maka haruslah memperhatikan grammar dan tensesnya.

Selain itu, isi dari surat pengunduran diri juga harus menggunakan tata krama yang sopan supaya tidak menimbulkan kesalahpahaman di antara teman sekantor ataupun atasan kita. Maka dari itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis surat resign kerja ini, yakni sebagai berikut:
  1. Buatlah surat pengundurun diri kerja yang singkat, padat dan jelas serta menggunakan bahasa yang sopan.
  2. Surat resign kerja yang kita buat haruslah menyertakan ucapan terima kasih dan pujian secukupnya kepada perusahaan serta rekan-rekan kerja seperjuangan anda di kantor.
  3. Usahakan untuk tidak membeberkan secara rinci baik secara lisan maupun tulisan berkenaan dengan alasan anda mengundurkan diri dari pekerjaan.
  4. Berilah sebuah benda atau barang yang mempunya makna tersendiri supaya anda meningglkan kesan yang baik di perusahaan tersebut.
Saya rasa itulah beberapa hal yang menurut saya penting untuk diperhatikan dalam membuat surat pengunduran diri resign kerja yang baik dan benar. Namun supaya lebih jelas, mari langsung saja kita perhatikan beberapa contoh yang sudah admin siapkan di bawah ini.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja I

Banda Aceh, 19 Juni 2017

Kepada: Yth,
Kepala. HRD PT. Contoh Surat Pos

Dengan Hormat
Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. Contoh Surat Pos. Berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama tentang karyawan dan Undang−Undang tenaga kerja, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini

Nama               : Lukman Hakim
Jabatan           : Staff Administrasi
No. Karyawan : 125676

Bermaksud mengajukan pengunduran diri dari PT. Contoh Surat Pos karena sakit yang saya derita. Surat ini saya ajukan berdasarkan prosedur hubungan industrial serta tanpa adanya motivasi negatif. Saya berharap pihak perusahaan bisa memahami kondisi saya ini dan memberikan hak-hak saya sesuai ketentuan yang sudah ditetapkan.

Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan sebenarnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini saya ucapkan terima kasih

Hormat Saya


Lukman Hakim

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja II

Banda Aceh, 19 Juni 2017

Kepada, Yth
HRD Manager
PT. Contohsuratpos
Jln. Kuncoro No. 1
Banda Aceh

Dengan Hormat
Melalui surat ini saya Mukhlis bermaksud mengundurkan diri dari PT. Contohsuratpos sebagai Manajer Operasional, terhitung sejak tanggal 1 Juli tahun 2017.

Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di perusahaan yang Bapak pimpin dan saya juga memohon maaf kepada semua karyawan dan manajemen PT Contohsuratpos atas segala kesalahan yang pernah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap PT. Contohsuratpos dapat terus berkembang dan mendapatkan yang terbaik

Hormat Saya


Mukhlis

Contoh Surat Pengunduran Diri KerjaDalam Bahasa Inggris

Banda Aceh, 19 Juni 2017

To
Mr. Ikhsan

With Respect

With regret, I am sending this letter of resignation. Please kindly accepted this letter as my official letter of resignation fromWeb Designer position, starting from July 19, 2017.

I appreciate as much as possible the opportunityprovided as part of PT Contoh Surat Pos for approximately one year. Not to forget I apologize to all the management of PT Contoh Surat Pos if there are things that are not good I have done while working at PT Contoh Surat Pos.

Hopefully PT Contoh Surat Pos will be more successful in the future. When PT Contoh Surat Pos still need my energy on the transition period, I will be happy to help.

Your Sincerely,


(Muliadi)

Silahkan lihat juga:

Cukup sekian informasi tentang contoh surat pengunduran diri kerja serta tips cara membuatnya. Mudah-mudahan informasi dan contoh di atas dapat berguna untuk anda. Terutama bagi anda yang belum tahu bagaimana cara membuat surat resign kerja tersebut. jika memnag surat di atas bermanfaat, silahkan like dan share kepada teman-teman lain yang mungkin juga sedang membutuhkan. Terima kasih sudah berkunjung dan salam sukses dari contohsuratpos1.blogspot.com.