Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Beserta Lampirannya

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email − Selamat siang sahabat pengunjung yang tetap setia dengan blog contohsuratpos.com. Bagaimana kabar anda semua? Admin harap anda semua dalam keadaan yang baik dan tetap bersemangat dalam menjalani segala aktifitas anda. Siang ini admin akan kembali membagikan contoh lamaran pekerjaaan terbaru untuk anda. Namun sebelumnya admin juga sudah membagikan contoh surat lamaran kerja umum yang baik dan benar. Sedangkan untuk kali ini admin akan bagikan contoh surat lamaran kerja via email besera lampirannya. Nah bagi anda yang sedang melamar pekerjaan dan mengharuskan mengirim surat lamaran via email, tentunya informasi yang akan admin bagikan di halaman ini patut untuk disimak sampai selesai dan mudah-mudahan bisa membantu proses pengiriman lamaran anda.

Saat ini tidak sedikit perusahaan yang sudah menggunakan metode pengiriman surat lamaran kerja melalui email. Dengan menggunakan metode ini, pihak perusahaan ataupun calon karyawan akan sama-sama diuntungkan. Perusahaan tidak perlu untuk menyediakan tempat dan waktu untuk melakukan penerimaan lamaran. Sedangkan bagi calon karyawan tidak perlu untuk mendatangi perusahaan bersangkutan untuk menyerahkan lamarannya.

Pada intinya metode pengiriman surat lamaran kerja via email ini tentunya akan menghemat biaya, para calon karyawan tidak harus mengeluarkan biaya transportasi untuk mendatangi perusahaan tempat pelamaran.

Namun dari beberapa keuntungan di atas tadi, tidak jarang terdapat kendala yang dihadapi calon pelamar yakni masih awam dalam pengiriman surat lamaran kerja via email tersebut. Lain dari pada itu, sikap ragu-ragu atau takut salah adalah alasan utama kenapa calon pelamar enggan dalam menggunakan fasilitas email ini.

Tetapi sebenarnya tidaklah begitu sulit mengirim surat lamaran pekerjaan via email beserta lampiran-lampirannya jika anda sudah memiliki pengalaman sebelumnya. Namun bagi anda yang baru pertama kali melakukannya, tentu saja ini akan terasa sulit serta dihantui pikiran takut salah sehingga enggak untuk mencobanya. maka dari itu, untuk membantu anda yang masih belum tahu caranya, berikut ini admin akan bagikan informasi persiapan apa saja yang harus anda lakukan sebelum mengirimkan surat lamaran via email.

Persiapan Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email

1. Sebelum anda mengirimkan surat lamaran anda, tentunya anda harus menyiapkan segala berkas-berkas yang menjadi persyaratan untuk melamar pekerjaan pada perusahaan tempat anda melamar tersebut. Berkas-berkas tersebut diantaranya ialah:
o Buatlah sebuah surat lamaran kerja untuk ditujukan kepada perusahaan tempat anda melamar tersebut. Surat lamaran ini bisa langsung ditulis di email (lihat gambar di bawah) ataupun dalam bentuk file di Doc, PDF yang nantinya bisa diupload.
o Buat juga daftar riwayat hidup atau curriculum vitae
o Ijazah
o Transkrip Nilai
o KTP
o Pas foto
o Sertifikat-sertifikat
o Atau surat-surat lain yang harus dilengkapi.

Selain surat lamaran, Cv dan Pas foto, selebihnya silahkan di scan dan disimpan ke dalam komputer/laptop/flashdisk anda. File-file inilah yang nantinya akan kita upload sebagai lampiran dari surat lamaran kerja yang kita kirimkan vie email tersebut. Usahakan ukuran file yang discan memiliki ukuran yang kecil agar memudahkan proses upload. Namun pastikan supaya gambarnya tetap terlihat jelas.

2. Pastikan Anda Memiliki Akun Email yang Masih Aktif

Persiapan berikutnya yang harus anda lakukan adalah menyiapkan sebuah akun email yang aktif. Jika anda belum mempunyai akun email. Maka silahkan daftarkan terlebih dahulu akun email anda. Dalam membuat email tersebut, usahakan nama emailnya sesuai dengan nama anda. Ataupun setidaknya ada kata-kata nama anda di dalam email tersebut. Sebagai contoh, misalnya nama anda adalah "Ahmad Sobari", maka buatlah email seperti ini "ahmadsobari88@gmail.com". Hindari menggunakan email yang tidak mengandung nama anda atau bahkan menggunakan email orang lain, karena akan terlihat tidak profesional dan terkesan tidak serius malamar pekerjaan tersebut.

Dengan adanya email ini memang membuat pengiriman berbagai macam berkas menjadi lebih mudah, simpel dan pastinya murah. Cukup dengan mengklik tombol "Send" atau "Kirim" pada badan akun email, anda dapat mengirimkan berkas, dokumen ataupun file-file tertentu ke berbagai belahan dunia dengan cepat dan gratis tentunya.

Gambar untuk Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Beserta Lampirannya

Nah dari penjelasan di atas, sedikitnya kita sudah sedikit tahu apa saja yang harus kita siapkan untuk mengirim surat lamaran kerja via email. Namun untuk lebih jelasnya, silahkan anda perhatikan contoh dan gambar panduan di bawah ini yang sudah admin sediakan untuk anda.

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Beserta Lampirannya

Banda aceh, 26 Mei 2017

Yth. HRD PT. INGIN MAJU
di tempat

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                        : Ikhsan fakhruddin
Tempat, Tgl. Lahir     : Banda Aceh, 29 November 1988
Umur                         : 28 tahun
Jenis Kelamin          : Laki Laki
Status                        : Belum Menikah
Pendidikan Terakhir : S1 Administrasi Perkantoran
No. Telepon               : 0823 6464 8916
Alamat Rumah          : Jln. Angsa No. 67 Desa Ateuk Munjeng Banda Aceh

Saya memiliki kondisi kesehatan yang baik dan tidak pernah terlibat dengan permasalahan hukum apapun. Bersama ini saya mengajukan permohonan kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi Administrasi.

Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan beberapa berkas berikut ini:

1. Daftar Riwayat Hidup;
2. Scan Ijazah Terakhir;
3. Scan Transkrip Nilai;
4. Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP);
5. Scan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK);
6. Scan Surat Keterangan Dokter;
7. Pas Photo format .jpeg (1 file).

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, saya sangat berharap dapat diterima sebagai karyawan di perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin. Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,



Ikhsan Fakhruddin

Gambar Panduan Surat Lamaran Kerja Via Email Beserta Lampirannya

Gambar Panduan Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Beserta Lampirannya

Keterangan:
  1. Pada kolom nomor 1 silahkan isikan alamat email perusahaan yang dituju. Pastikan email yang anda ketik sudah benar, karena jika tidak maka surat lamaran kerja anda tidak akan sampai ke tujuan.
  2. Pada kolom nomor 2 isikan dengan kode lamaran yang diberikan oleh perusahaan bersangkutan. Seperti contoh "Lamaran Kerja Bagian Administrasi" atau "ADM-PT Ingin Maju").
  3. Pada kolom nomor 3 ini silahkan tuliskan surat lamaran kerja anda sesuai dengan kebutuhan anda, atau bisa dilihat pada contoh di atas tadi. Namun jika surat lamaran kerja sudah anda tuliskan dalam bentuk file Doc, PDF atau yang lainnya. Maka pada bagian ini tidak perlu diisi, anda tinggal melakukan upload surat lamaran kerja anda melalui tombol lampiran sebagaimana yang terlihat pada gambar nomor 4.
  4. Silahkan klik icon yang ditunjuk tanda panah nomor 4 untuk mengupload file-file lampiran kelengkapan berkas yang dipersyaratkan oleh perusahaan. Setelah yakin bahwa semua persyaratan sudah siap, maka silahkan klik tombol "kirim" untuk mengirimkan surat lamaran pekerjaan anda ke perusahaan yang emnjadi tujuan anda.

Demikianlah contoh surat lamaran kerja via email beserta lampirannya yang dapat admin sajikan kali ini untuk anda. Semoga penjelasan dan contoh di atas bisa menambah pengetahuan kita tentang tata cara mengirimkan surat lamaran kerja vie email. Dan bagi anda yang saat ini yang sedang mencari-cari referensi cara mengirimkan surat lamaran kerja melalui email ini, semoga contoh di atas bisa membantu anda. Jangan lupa like dan share melalui tombol di bawah sebagai bentuk dukungan anda kepada blog kami ini. Dan jika dibutuhkan, silahkan baca juga contoh surat lamaran kerja di bank yang baik dan benar. Terima kasih sudah berkunjung dan salam sukses dari contohsuratpos1.blogspot.com.