Contoh Surat Edaran Pemerintah Yang Baik dan Benar

Contoh Surat Edaran Pemerintah – Bertemu lagi dengan admin di pagi ini untuk kembali membagikan contoh surat terbaru untuk anda semua yang membutuhkan. Sebelumnya admin sudah memberikan contoh surat resmi pemberitahuan study tour. Sedangkan kali ini admin akan bagikan contoh surat edaran pemerintah untuk berbagai kepentingan. Nah bagi anda yang saat ini sedang mencari referensi untuk membuat surat edaran resmi dari pemerintah ini, jangan beranjak dulu dari halaman ini dan simak sampai selesai.

Bagi anda yang bekerja di sebuah instansi baik pemerintah maupun swasta ataupun bagi anda yang berkecimpung di dalam sebuah organisasi daerah ataupun sekolah, pastinya sudah tidak asing dengan surat edaran. Namun bagi yang belum mengetahuinya, pasti akan bertanya-tanya apa itu surat edaran?

Surat edaran merupakan sebuah surat resmi yang memiliki tujuan untuk memberitahukan sebuah informasi secara resmi yang diedarkan secara tertulis yang ditujukan kepada orang banyak/umum, baik itu yang berada di lingkup tertentu ataupun juga untuk masyarakat luas yang sifatnya tidak rahasia. Surat ini biasanya dikeluarkan oleh instansi, organisasi ataupun lembaga yang pada umumnya berisikan tentang pemberitahuan, pengumuman, penjelasan suatu hal, himbauan, petunjuk dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana dengan surat edaran pemerintah? ya sama saja, jika surat edaran dikeluarkan oleh instansi pemerintah, maka tentu disebut surat edaran pemerintah. Dan isinya sangat tergantung dengan suatu hal tertentu. Jadi antara surat edaran umum dengan surat edaran pemerintah pada dasarnya sama saja, yang membedakan hanyalah yang mengeluarkan surat tersebut, dalam hal ini yang mengeluarkan adalah pemerintah.

Cara Membuat Surat Edaran Pemerintah

Surat edaran ini termasuk dalam surat resmi. Sehingga dalam pembuatannya haruslah menggunakan bahasa yang resmi (formal), singkat, padat dan jelas. selain itu juga menggunakan bagian-bagian yang digunakan dalam sebuah surat resmi.

Adapun bagian-bagian dari surat edaran pemerintah ialah sebagai berikut:
  1. Bagian kepala surat edaran berisi kop surat, nama serta identitas institusi pembuat surat edaran, kata surat edaran yang ditulis dengan huruf kapital, nomor surat, perihal, tempat dan tanggal surat dan penerima surat.
  2. Bagian tengah surat edaran adalah merupakan bagian isi pokok dari surat edaran yang menjelaskan tentang sebuah informasi tertentu dengan menggunakan kalimat yang singkat, padat dan jelas.
  3. Bagian bawah surat edaran atau bagian akhir berisikan nama, tanda tangan dan cap basah pengirim berikut dengan jabatannya dan juga tembusannya jika ada.
Gambar untuk Contoh Surat Edaran Pemerintah Yang Baik dan Benar

Nah dari penjelasan di atas, tentunya kita sudah mempunyai gambaran tersendiri bagaimana format surat edaran pemerintah yang baik dan benar itu. Namun untuk lebih jelasnya. Berikut ini sudah admin sediakan beberapa contoh untuk anda supaya bisa anda jadikan referensi untuk kebutuhan anda atau untuk sekedar menambah pengetahuan tentang bentuk surat edaran pemerintah.

Contoh Surat Edaran Pemerintah Daerah Tentang Himbauan Peringatan HUT RI ke- 72

DINAS PEMERINTAHAN KOTA BOGOR
KELURAHAN SIMPONI KECAMATAN IRAMA
PROVINSI JAWA BARAT
Jln. Kebun Sirih No. 24 Bogor Telp. 023 089767
=====================================================================

SURAT EDARAN
Nomor: 045/SE/KS/08/2017

Sifat         : Segera
Lampiran : -
Hal           : Himbauan peringatan HUT RI Ke-72

Yth.
Ketua RW 01 - RW 05
Kelurahan Simponi Kota Bogor
di tempat

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke - 72, maka kami menghimbau kepada seluruh RW 01 sampai RW 05 Kelurahan Simponi Kecamatan Irama Kota Bogor untuk memberitahukan kepada seluruh warganya untuk mengibarkan bendera merah putih di halaman rumah masing-masing, di jalan kecil serta di sekitaran jalan utama dimulai dari tanggal 13 Agustus 2017 - 22 Agustus 2017. Dan juga diharapkan mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan di sekitar halaman rumah, lingkungan daerah, membersihkan selokan, dan mengecat trotoar di pinggir jalan.

Demikian surat edaran ini untuk diperhatikan dan dilaksanakan sebaik-baiknya. Atas Perhatian dan Kerjasama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Bogor, 1 Agustus 2017

an.Lurah Simponi
Sekretaris Kelurahan

Sudarman
NIP. 311979800122

Contoh Surat Edaran dari Dinas Perindustrian

DINAS INDUSTRI DAN PERDAGANGAN
PEMERINTAH DAERAH KOTA BANDA ACEH
PROVINSI ACEH
Jln. Jeruk No. 35 Kota Banda Aceh
Telp. 0651 – 987867 Fax. 987867
=====================================================================

SURAT EDARAN

Banda Aceh, 1 Juni 2017

Nomor  : 34/PTKS/SE/6/17
Sifat      : Penting
Perihal  : Rapat Besar Dinas

Yth.
Bapak/Ibu Staf Karyawan
Dinas Industri dan Perdagangan
Pemerintah Daerah Kota Banda Aceh
di Tempat

Sehubungan dengan akan diadakannya Rapat Besar Kedinasan dalam rangka melaksanakan Peraturan Daerah No. 22 Tahun 2017 mengenai penetapan pengambilan cuti dan izin tidak masuk kerja dan Peraturan Daerah No. 65 Tahun 2016 mengenai kewajiban kepemilikan NPWP, maka dimohon kepada Bapak/Ibu untuk hadir pada Rapat Besar tersebut pada :

Hari / Tanggal : Selasa, 6 Juni 2017
Tempat           : Aula Gedung Serbaguna
Waktu             : 09.00 - selesai

Mengingat pentingnya rapat tersebut maka dimohon Bapak/Ibu hadir tepat waktu. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Kepala Dinas Industri dan Perdagangan

(Nama Kepala Dinas)
NIP. 441088765

Tembusan :
1. Kepala Badan Kepegawaian Daerah
2. Biro Administrasi dan Umum

Itulah 2 Contoh Surat Edaran Pemerintah yang baik dan benar yang dapat admin bagikan untuk anda kali ini. Mudah-mudahan bisa berguna untuk kita semua. Selain untuk menambah wawasan kita tentang surat edaran resmi pemerintah ini. Juga mudah-mudahan bisa menjadi referensi bagi anda yang sedang menyusun surat tersebut. Silahkan dukung kami dengan cara memberikan like dan share melalui tombol di bawah. Dan jika dibutuhkan, silahkan anda baca juga contoh surat resmi sekolah, perusahaan dan bahasa inggris. Atas kunjungannya kami uccapkan terima kasih dan salam sukses dari contohsuratpos1.blogspot.com.