Contoh Surat Dinas Resmi Sekolah

Contoh Surat Dinas Resmi − Selamat pagi kawan-kawan pengunjung setia blog contohsuratpos dimanapun adna berada. Kali ini admin akan kembali membagikan contoh surat resmi, namun sebelum itu, pada postingan terdahulu, admin sudah membagikan contoh surat permohonan bantuan dana. Sedangkan kali ini admin akan bagikan contoh surat dinas resmi sekolah. Sebenarnya ada banyak contoh surat dinas resmi, seperti contoh surat dinas resmi osis, pemberitahuan, pemerintahan, perusahaan dan lain sebagainya. namun khusus pada kesempatan kali ini admin akan bagikan contoh surat dinas resmi sekolah. Jadi bagi anda yang membutuhkan, silahkan simak halaman ini sampai usai.

Sebelum admin bagikan contohnya untuk anda, admin akan jelaskan terlebih dahulu apa itu surat dinas. Surat dinas adalah surat yang dibuat untuk keperluan kedinasan atau kegiatan dinas. Surat ini termasuk dalam kategori surat resmi, sehingga penulisannya harus mengikuti aturan yang resmi pula. Seperti penggunaan bahasa yang formal dan tidak berbelit-belit.

Adapun ciri-ciri dari surat dinas resmi adalah sebagai berikut:

o Mempunyai isi yang singkat, jelas dan padat
o Menggunakan format yang resmi (tidak bebas)
o Menggunakan bahasa baku sesuai EYD

Sedangkan untuk fungsi surat dinas itu sendiri adalah :

o Sebagai arsip
o Sebagai panduan kerja dalam membuat keputusan selanjutnya
o Sebagai dokumen tertulis
o Sebagai bukti historis gambaran instansi atau perusahaan

Cara Membuat Surat Dinas Resmi Sekolah

Membuat surat dinas resmi sekolah sebenarnya tidaklah jauh berbeda dengan membuat surat dinas resmi lainnya. Namun agar kita bisa menyusunnya secara benar, maka kita harus memperhatikan susunan atau bagian-bagian dari surat dinas resmi tersebut. Adapun susunan atau bagiannya adalah sebagai berikut:

1. Kepala surat/kop surat
2. Tanggal Surat
3. Nomor Surat
4. Lampiran
5. Alamat tujuan
6. Salam Pembuka
7. Isi
8. Penutup
9. Tanda tangan Pembuat Surat
10. Nama Jelas
11. Nip
12. Tembusan
13. Jabatan

Gambar untuk Contoh Surat Dinas Resmi Sekolah

Dari penjelasan di atas, admin harap anda sudah mempunyai sedikit gambaran bagaimana membuat surat dinas resmi yang baik dan benar. namun untuk lebih jelasnya, mari kita simak langsung contoh yang sudah admin siapkan untuk anda di bawah ini.

Contoh Surat Dinas Resmi Sekolah

PEMERINTAH KOTA BANDA ACEH
DINAS PENDIDIKAN SEKOLAH MENEGAH ATAS NEGERI 1 BANDA ACEH
Jln. Prof. A. Madjid Ibrahim I No. 07 Banda Aceh =====================================================================

Banda Aceh, 29 Maret 2017

No.          : 0789/SMA-I/IV/2017
Lampiran : -
Perihal     : Pemberitahuan Acara Studi Lapangan

Yth. Orang Tua/Wali Murid Kelas 2
SMA Negeri 1 Banda Aceh

Dengan Hormat,
Dalam rangka meningkatkan pengetahuan siswa siswi SMA Negeri 1 Banda Aceh khususnya untuk kelas 2. Maka dengan surat ini kami selaku Badan Pendidikan Sekolah, bermaksud mengadakan studi lapangan bagi siswa-siswi baik IPA maupun IPS di luar sekolah. Adapun acara tersebut akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal : Senin, 3 April 2017
Pukul            : 09.00-selesai
Tempat         : (sebutkan nama tempat)
Acara           : Studi Lapangan

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan, atas segala perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Kepala Sekolah


Drs. Athailah
Nip.
Demikianlah sebuah contoh surat dinas resmi sekolah yang dapat admin bagikan untuk anda kali ini. Semoga bisa menjadi manfaat bagi anda, terutama bagi yang sedang membutuhkan referensi dalam membuat surat dinas resmi sekolah. Jika contoh surat dinas di atas berguna, silahkan like dan share melalui tombol di bawah ini. Apabila dibutuhkan, silahkan lihat juga contoh surat ucapan terima kasih, barangkali juga akan bermanfaat untuk anda. Terima kasih sudah berkunjung dan salam sukses dari contohsuratpos1.blogspot.com.