Contoh Surat Wasiat Pribadi yang Baik dan Benar

Contoh Surat Wasiat Pribadi − Selamat pagi sahabat semua para pengunjung setia contoh surat pos dimanapun anda berada. Pada postingan sebelumnya admin sudah membagikan contoh surat keterangan aktif organisasi, sedangkan pada kesempatan kali ini admin akan bagikan contoh surat wasiat pribadi. Di internet sudah banyak yag membagikan contoh surat wasiat, seperti contoh surat wasiat tanpa notaris, sederhana, Islam, keluarga, rahasia, rumah, tanah dan lain sebagaiya. namun khusus pada kesempatan ini admin hanya akan membagikan contoh surat wasiat pribadi. jadi bagi anda yang membutuhkan referensi dalam membuat surat wasiat pribadi, silahkan simak terus sampai selesai.

Surat wasiat merupakan surat yang berisi pernyataan yang sah dan pembuat surat (penulis surat) sebagai pemberi wasiat serta mengajukan beberapa orang untuk mengurus hartanya apabila nanti pemberi wasiat meninggal dunia. Dan wasiat ini juga dapat menentukan suatu amanat yang berlaku setelah pemberi wasiat meninggal.

Dalam membuat surat wasiat ini ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan, orang yang diperbolehkan untuk berwasiat minimal sudah berumur 18 tahun dan berakal sehat. Sebelum membuat surat wasiat, alangkah lebih baik jika terlebih dahulu berkonsultasi dengan notaris, baik itu mengenai biaya pengurusan atau pembuatan wasiat, dan lain sebagainya.

Gambar untuk Contoh Surat Wasiat Pribadi yang Baik dan Benar

Adapun susunan dalam pembuatan surat wasiat pribadi ini sama saja seperti format penulisan surat wasiat secara umum, diantaranya:

1. Tempat dan tanggal pembuatan wasiat,
2. Nama dan identitas lengkap yang berwasiat,
3. Jenis serta jumlah harta yang hendak di wasiatkan dengan bukti kepemilikannya (jika ada),
4. Nama-nama orang yang menerima wasiat, dan
5. Tanda tangan serta saksi-saksi yang ikut hadir waktu pembuatan surat wasiat ini.

Nah, seperti apa format surat wasiat pribadi tersebut? Dibawah ini sudah admin sipakan 2 contoh yang bisa anda jadikan referensi dalam membuat surat wasiat pribadi untuk kebutuhan anda.

Contoh Surat Wasiat Pribadi I

SURAT WASIAT

Pada hari Senin, 30 Januari 2017 saya:

Nama                   : Herman Arifin
Tempat/Tgl. Lahir : Lhok Paoh, 1 Desember 1960
Pekerjaan            : Wiraswasta
Alamat                 : Jln. Merpati Putih No. 34 Banda Aceh

Dalam keadaan sadar dan tidak ada unsur paksaan dari pihak manapun untuk membuat pernyataan surat wasiat waris atau menghibah harta kepada anak-anak kandung saya, yaitu:

1. Siti Wasliah
2. Siti Raihan Salsabila
3. Ashrawi Ende

Melaui surat ini saya menyatakan bahwa saya telah menyerahkan sebagian harta saya kepada anak-anak saya yang telah disebut di atas. Adapun harta tersebut yaitu sebuah rumah yang saya diami sekarang, dan semua asset perusahaan milik pribadi saya. Bila nantinya saya sudah meninggal dunia dengan ketentuan harta itu digunakan untuk menyelesaikan semua permasalahan utang piutang saya, jika ada tersisa 20%  akan saya wakafkan dari sisa harta keseluruhan. Dan harta yang tersisa dari penggunaan seperti yang telah disebut di atas maka saya serahkan dengan pembagian rata kepada anak-anak saya yang telah saya sebutkan di atas.

Demikian surat pernyataan wasiat hibah harta ini saya buat dengan sebenar-benarnya serta disaksikan oleh saksi-saksi yang dapat saya percayai.

Banda Aceh, 30 Januari 2017

Yang Berwasiat


Herman Arifin

Saksi-saksi:
1. Afdal Husen selaku abang kandung saya   (        )
2. Nur Lina selaku adik kandung saya             (        )

Contoh Surat Wasiat Pribadi II

SURAT WASIAT

Pada hari ini Senin 30 januari 2017 bertempat di Aceh Besar, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                  : Suherman Agung
Nomor Identitas   : 1960666466519006
Tempat/Tgl. Lahir : Lambaro, 21 Agustus 1961
Alamat                 : Jln. Cempaka Biru No. 10 Aceh Besar

Bersama surat ini menerangkan, bahwa saya adalah pemilik yang sah atas harta kekayaan pribadi saya, berupa sebidang Tanah Hak Milik seluas 4000 m2 dengan Sertifikat Hak Milik (SHM) Nomor 220/2010 atas nama Hidayah Suherman Agung yang bertempat tinggal di Jln. Cempaka Biru No. 40 Desa Lambaro Kecamatan Ingin Jaya Aceh Besar. Dan sebuah rumah yang sekarang saya diami bersama istri saya beralamat di Jln. Cempaka Biru No. 10 Desa Lambaro Kecamatan Ingin Jaya Aceh Besar.

Bahwa semua harta kekayaan saya sebagaimana yang tersebut diatas, yang pada saat ini tidak sedang terlibat dalam sengketa hukum manapun dan tidak sedang dijadikan sebagai jaminan sejenis hutang atau lain sebagainya, dan juga tidak sedang berada dalam penyitaan dari pihak bank atau instansi lain.

Saya bermaksud untuk menghibah wasiatkan semua harta kekayaan saya sebagaimana yang telah disebut diatas kepada istri saya, yaitu:

Nama                   : Rahma Maulida
Nomor Identitas   : 191165404644001
Tempat/Tgl. Lahir : Sibreh, 17 Juni 1979
Alamat                  : Jln. Cempaka Biru No. 10 Aceh Besar

Untuk melaksanakan wasiat diatas maka dengan ini saya mengangkat istri saya tersebut sebagai pelaksana surat wasiat ini. Dan kepadanya saya berikan semua hak serta kekuasaan yang menurut undang-undang yang diberikan kepada pelaksana wasiat ini, terlebih hak untuk memegang serta mengurus seluruh harta peninggalan saya sampai kepadanya diberikan pengesahan dan juga pembebasan sama sekali.

Demikianlah surat wasiat ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan dari pihak manapun serta dihadiri oleh saksi-saksi yang saya percayai.

Banda Aceh, 30 Januari 2017

Yang Berwasiat                                                                       Mengetahui Kepala Desa


(Suherman Agung)                                                                         (Thamrin Jafar)

Saksi-saksi:
1. Amin Sugiono
2. Udin Pertama
Demikianlah 2 contoh surat wasiat pribadi yang baik dan benar yang dapat admin berikan kepada para pengunjung semua di kesempatan ini, semoga 2 contoh diatas dapat membantu anda semua, terutama bagi anda yang sedang mencari sebuah referensi dalam membuat contoh surat wasiat pribadi tersebut. Seperti biasa, jangan lupa like and share kepada teman-teman yang lain melalui tombol di bawah jika memang dirasa diperlukan. Sebagai tambahan, silahkan lihat juga contoh surat keterangan domisili perusahaan. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga pengurusan wasiat harta warisan anda lancar tanpa adanya kendala. Salam sukses dari contohsuratpos1.blogspot.com.