Setiap perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan, tentu menetapkan persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh pelamar agar bisa mengikuti proses seleksi. Biasanya untuk seleksi awal atau yang disebut seleksi administrasi, perusahaan mensyaratkan untuk melampirkan berbagai dokumen tertentu seperti surat lamaran kerja, ijazah, transkrip nilai, kartu tanda penduduk, sertifikat-sertifikat, surat lamaran kerja, pas foto dan lain sebagainya.
Perihal dokumen ini tidaklah sama antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, sebagian perusahaan tidak mewajibkan untuk melampirkan surat pengalaman kerja, dan sebagina yang lain ada yang mengharuskan untuk melampirkan surat pengalaman kerja pada posisi/jabatan yang sesuai atau berhubungan dengan posisi yang sedang dibuka. Jika kasusnya begini, maka pelamar harus membuat surat pengalaman kerja di perusahaan ia bekerja sebelumnya. Lalu apa sebenarnya surat pengalaman kerja tersebut?
Surat pengalaman kerja atau yang sering juga disebut paklaring/referensi kerja adalah sebuah surat pernyataan resmi yang diterbitkan oleh sebuah perusahaan tertentu yang isinya ialah untuk menerangkan bahwa seseorang yang namanya disebutkan dalam surat pernah bekerja di perusahaan tersebut. Surat inilah yang akan membuktikan bahwa pelamar memang pernah memiliki pengalaman kerja di perusahaan tertentu. Sehingga pihak perusahaan yang sedang merekrut karyawan baru akan lebih yakin terhadap kinerja si pelamar karena sudah mempunyai pengalaman.
Dari penjelasan di atas kita bisa menyimpulkan bahwa surat pengalaman kerja memiliki peran yang cukup penting supaya pelamar dapat diterima oleh pihak perusahaan. Karena perannya yang cukup penting inilah, maka dalam membuat surat pengalaman kerja tentunya tidak boleh sembarangan, namun harus dengan baik dan benar. Lalu bagaimana cara membuat surat pengalaman kerja yang baik dan benar?
Ada beberap hal yang harus diperhatikan saat membuat surat lamaran kerja, yaitu:
o Promosi
Tunjukkan sedikit keahlian atau prestasi yang pernah anda capai di perusahaan tempat anda bekerja sebelumnya jika memang ada. Hal ini dilakukan supaya pihak perusahaan bisa simpati kepada anda. Meskipun demikian anda tetap harus memperhatikan susunan-susunan katanya supaya tidak terkesan sombong.
o Kosa Kata yang Baik
Susunlah kalimat dengan kosa kata yang sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, sopan, singkat, padat, jelas serta menarik.
Nah, dari sedikit ulasan di atas, admin yakin anda sudah mempunyai gamabaran tersendiri bagaimana format surat pengalaman kerja yang baik dan benar supaya lamaran anda bisa dipertimbangkan oleh pihak perusahaan tempat anda melamar. namun supaya lebih jelas, langsung saja kita simak beberapa contoh surat pengalaman kerja yang sudah admin siapkan di bawah ini.
Contoh Surat Pengalaman Kerja Bidan
RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK BANDA ACEH
Jln. Prof. A. Majid Ibrahim I No. 3, Meuraxa
Telp. (0651) 637796 Fax. 637796 =====================================================================
SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
Nomor : 0204/SPK-07/RSIA/V/2017
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Dr. Amri Kiflan, M. Kes
Jabatan : Kepala Rumah Sakit Ibu dan Anak Banda Aceh
Alamat : Jln. Lurus Terus No. 56 Banda Aceh
Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :
Nama : Lusiana Fajri, Amd. Keb.
Alamat : Jln. Banda-Aceh Medan Km. 15 Lambaro Aceh Besar
Telah bekerja pada Rumah Sakit Ibu dan Anak Banda Aceh sejak tanggal 10 Maret 2014 hingga 20 April 2016 dengan jabatan terakhir sebagai Bidan tetap.
Selama menjadi karyawan kami, Saudari Lusiana Fajri, Amd. Keb sudah mampu bekerja secara baik dan menunjukkan dedikasi tinggi terhadap pekerjaan.
Demikian surat keterangan ini kami buat dengan sebenarnya agar dapat dipergunakan dengan semestinya.
Banda Aceh, 26 Januari 2017
Kepala RSIA Banda Aceh
dr. Amri Kiflan, M. Kes
Contoh Surat Pengalaman Kerja dari Perusahaan
PT. SUMBER SEJAHTERA
Jln. Daud Bereuh No. 34 Banda Aceh
Website : www.sumbersejahtera.com, Telp : (0651) 675498, Faks : 675498 =====================================================================
SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
Nomor : 076/HRD-SS/V/2017
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Irfan Maulana, S.T
Jabatan : Direktur PT. Sumber Sejahtera
Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa yang bersangkutan di bawah ini :
Nama : Subki
Alamat : Jln. Melati No. 44, Banda Aceh
Benar ianya telah bekerja pada perusahaan yang kami pimpin terhitung sejak 13 Februari 2013 sampai dengan 13 Februari 2016 dengan jabatan terakhir Manager Marketing.
Selama menjadi karyawan di perusahaan kami, Saudara Irfan Maulana, S.T telah menunjukkan dedikasi dan loyalitas terhadap perusahaan dan tidak pernah melakukan tindakan yang merugikan perusahaan. Atas hal tersebut kami mengucapkan terima kasih dan kami berharap yang bersangkutan lebih sukses lagi kedepannya.
Demikian surat keterangan ini kami perbuat agar dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan.
Banda Aceh, 26 Januari 2017
Direktur PT. Sumber Sejahtera
Irfan Maulna, S.T
Contoh Surat Pengalaman Kerja di Klinik
Demikianlah 3 contoh surat pengalaman kerja yang baik dan benar yang bisa admin sajikan pagi ini, mudah-mudahan bisa membantu teman-teman semua yang saat ini sedang membutuhkan referensi dalam membuat surat pengalaman kerja ini. Sebenarnya perihal membuat surat pengalaman kerja ini sudah menjadi tanggung jawab pihak perusahaan tempat anda bekerja sebelumnya, jadi anda tinggal mendatangi tempat anda bekerja sebelumnya dan meminta untuk dibuatkan surat pengalaman kerja tersebut.KLINIK CEMPAKA LIMA BANDA ACEH
Beurawe, Kuta Alam, Banda Aceh
TELP. (0651) 33345 =====================================================================
SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
Yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama : (tuliskan nama)
Jabatan : (jabatan)
Alamat : (alamat lengkap)
Menerangangkan dengan sesungguhnya bahwa :
Nama : Ika Maulina, Amd. Kep
Tempat/Tanggal lahir : Banda aceh/20 Februari 1991
Alamat : Jln. Kenari No 12 Banda Aceh
Benar sudah bekerja di perusahaan yang kami pimpin sejak 15 Maret 2014 sampai 15 Maret 2016 dengan jabatan terakhir Perawat tetap. Selama menjadi karyawan kami, saudari MIka Maulina, Amd. Kep telah menunjukan dedikasi yang tinggi terhadap Klinik Cempaka Lima Banda Aceh. Dia mengundurkan diri atas kemauannya sendiri.
Keterangan ini kami buat dengan sebenar-benarnya agar pihak yang berkepentingan maklum.
Banda Aceh, 26 Januari 2017
Kepala Klinik Cempaka Lima
(nama kepala klinik)
Surat yang admin bagikan di atas hanyalah sebagai contoh, nama, identitas yang terdapat di dalam contoh surat pengalaman kerja yang baik dan benar di atas hanyalah fiktif dan silahkan disesuaikan kembali dengan kebutuhan anda. Jika contoh surat ini bermanfaat, silahkan like dan share kepada teman-teman kita yang lain melalui tombol di bawah ini. Sebagai tambahan, silahkan baca juga contoh surat tugas yang baik dan benar. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga anda diterima bekerja di tempat yang baru. Salam sukses dari contohsuratpos1.blogspot.com.