Contoh Surat Pengaduan Barang yang Baik dan Benar

Contoh Surat Pengaduan Barang − Selamat pagi semuanya. Apa kabar anda semua? Tentunya masih tetap bersemangat untuk menjalani aktifitas anda bukan? Pagi ini saya kembali akan membagikan sebuah contoh surat terbaru untuk anda yang masih juga menyangkut dengan surat niaga atau surat bisnis. Pada postingan terdahulu admin sudah bagikan contoh surat penawaran barang/produk. Sedangkan pada kesempatan ini admin akan bagikan contoh surat pengaduan barang/produk, atau yang juga dikenal dengan surat komplain barang rusak. Nah jika anda membutuhkan referensi untuk membuat surat pengaduan barang yang rusak ini mari simak terus halaman ini sampai selesai, karena disini saya akan membagikan contohnya untuk anda.

Surat pengaduan barang yang rusak ialah surat yang termasuk tipe surat klaim. Surat ini dikirimkan oleh pembeli (pemesan barang) kepada penjual untuk memberikan informasi bahwa kondisi barang yang diterima oleh pembeli tidak sesuai atau adanya kerusakan yang menyebabkan pembeli merasa dirugikan. Selain itu, melalui surat ini pula, pembeli berhak untuk meminta pertanggungjawaban terhadap kerugian yang dialaminya. Nah jika anda adalah seorang membeli dan merasa barang anda pesan tidak sesuai atau adanya kerusakan pada barang, maka anda perlu untuk mengirimkan surat pengaduan barang ini kepada penjual supaya anda tidak mengalami kerugian. Lalu bagaimana cara membuat surat pengaduan barang ini?

Membuat surat pengaduan barang tentunya menjadi sulit jika anda belum berpengalaman dalam membuatnya, namun anda tidak perlu khawatir karena disini kami akan membantu anda dalam menyusun surat pengaduan barang yang baik dan benar. Untuk menghasilkan surat komplain yang baik dan benar, maka anda harus memuat informasi rincian barang yang dipesan, seperti nama barang, deskripsi barang, jumlah barang, bukti pengiriman serta bentuk kerusakan atau ketidaksesuai barang.

Gambar untuk Contoh Surat Pengaduan Barang yang Baik dan Benar

Dari penjelasan singkat di atas, tentu sudah membuat anda sedikit lebih terarah dalam membuat surat pengaduan barang yang baik dan benar dengan harapan surat komplain yang dikirimkan mendapat respon yang positif dari pihak penjual. Namun untuk lebih jelasnya, mari langsung kita simak beberapa contoh yang sudah admin siapkan di bawah ini.

Contoh Surat Pengaduan Barang yang Rusak

TOKO INGIN JAYA
Jln. T. Abdul manan No. 23a
Banda Aceh
Telp. 0651 68934 Fax. 68934 =====================================================================

Banda Aceh, 25 Januari 2017

Nomor :  40/IJ/V/2017

Kepada
PT Maju Bersama
Jln. Senopati No. 107
Jakarta

Perihal     :  Pengaduan Kerusakan Barang
Lampiran :  1 lembar faktur

Dengan hormat,
Barang pesanan dari Saudara yang berupa :

1. 10 Unit Kulkas
2. 5 Unit Mesin Cuci
3. 10 Unit TV LED
4. 15 Unit Kipas Angin
5. 10 Unit AC

Sudah kami terima. Dan atas pelayanan Saudara, kami ucapkan terima kasih.

Namun pada waktu barang pesanan kami buka, sedikit ada kekecewaan dari kami karena ternyata terdapat 3 Unit Monitor TV LED yang pecah sehingga tidak dapat kami jual.

Oleh karena itu,, kami menyatakan bahwa 3 unit TV yang monitornya pecah akan kami kembalikan, kami mohon Saudara mengirimkan kembali 3 unit TV yang baru. Bersama ini pula kami lampirkan faktur pembelian barang tersebut untuk lebih mempermudah penyelesaian persoalan tersebut.

Demikian surat ini kami sampaikan. Atas perhatian dan pengertian Saudara, kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,
Toko Ingin Jaya


Muksalmina
Pemilik

Contoh Surat Komplain Barang Rusak

TOKO SAUDARA BARU
Jln. Pertiwi No. 45 Medan
Telp. 023 67578 Fax. 57578 =====================================================================

Nomor :  035/SB/IV/2017                                                      Medan, 25 Januari 2017

Kepada
PT. LESTARI JAYA
Jln. Ahmad Yani No. 69
Jakarta

Perihal :  Pengaduan Kerusakan Barang

Dengan hormat,
Barang kiriman Anda yang berupa 20 (Dua Puluh) buah Air Conditioner merk “ABC” telah kami terima. Atas pelayanan Anda, kami sampaikan terima kasih.

Pada waktu barang akan digunakan, kami sedikit kecewa karena ternyata ada 7 (tujuh) buah Air Conditioner yang tidak keluar udara sejuknya.

Sesuai dengan perjanjian Anda yang akan memberikan garansi 6 (enam) bulan dan apabila terdapat kerusakan akan memberikan pelayanan untuk memperbaiki secara cuma-cuma, maka kami mohon kepada anda mengirimkan montir untuk memperbaiki barang tersebut.

Demikian kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,
Toko Saudara Baru


Munawir
Manajer Penjualan
Nah mudah bukan membuat surat pengaduan barang? Mudah-mudahan informasi serta contoh surat pengaduan barang yang baik dan benar yang admin bagikan ini bisa bermanfaat untuk anda, khususnya bagi anda yang ingin komplain barang pesanan anda yang mengalami kerusakan. Contoh di atas hanyalah sebagai contohnya semata, jadi silahkan diubah dan disesuaikan kembali dengan kebutuhan anda. Jika informasi ini bermanfaat, maka silahkan like dan share contoh surat komplain barang ini kepada teman-teman lain melalui tombol di bawah. Dan sebagai tambahan, silahkan baca juga contoh surat pemesanan barang/produk. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga pengaduan anda mendapat respon yang positif oleh penjual sehingga anda tidak harus menanggung kerugian. Salam sukses dari contohsuratpos1.blogspot.com.