Macam Contoh Surat Pribadi Yang Baik dan Benar

Contoh Surat Pribadi − Sore ini admin kembali hadir untuk membagikan contoh surat pribadi terbaru untuk anda. Setelah sebelumnya admin bagikan contoh surat pribadi untuk teman dalam bahasa inggris. Kali ini admin akan bagikan contoh surat pribadi untuk guru, orang tua, kakak, nenek, sahabat dan lain-lain. Nah bagi anda yang membutuhkan referensinya, mari simak terus halaman ini sampai selesai.

Surat berdasarkan pembuatannya terbagi dalam 2 jenis, yang pertama adalah surat resmi dan yang kedua ialah surat pribadi. Surat resmi merupakan surat yang dibuat oleh sebuah oraganisasi/instansi tertentu yang ditujukan kepada seseoarang atau instansi lainnya menyangkut urusan-urusan yang bersifat formal atau resmi. Sedangkan surat pribadi ialah surat yang dibuat secara pribadi oleh seseorang yang isinya menyangkut persoalan-persoalan pribadi antara pembuat dan penerima surat pribadi tersebut.

Cara Membuat Surat Pribadi Yang Baik dan Benar

Dalam membuat surat pribadi memang tidak terdapat aturan-aturan tertentu yang mengikat. Surat pribadi ini bebas dibuat berdasarkan keinginan masing-masing. Meskipun begitu, penggunaan bahasa yang sopan dan beretika tetaplah harus diperhatikan oleh si pembuatnya sesuai latar belakang kepada siapa surat pribadi tersebut hendak dikirimkan.

Adapun tips cara membuat surat pribadi yang baik dan benar sebenarnya sangatlah sederhana, yakni sebagai berikut:

o Jangan gunakan kop surat dalam membuat surat pribadi;
o Jangan gunakan format yang baku
o Gunakan bahasa yang ringan, sopan dan bahasa sehari-hari

Berdasarkan isinya, surat pribadi dapat dibagi kedalam 2 jenis, yaitu:

1. Surat Keluarga

Surat keluarga ialah surat yang dibuat oleh seseorang yang ditujukan kepada orang lain yang isinya menyangkut persoalan pribadi seperti kepada saudara, keluarga, sahabat, teman orang tua, guru.

2. Surat Setengah Resmi

Surat setengah resmi adalah surat yang ditulis oleh seseorang secara pribadi yang ditujukan kepada suatu organisasi atau instansi seperti surat lamaran pekerjaan.

Adapun ciri-ciri dari surat pribadi ialah sebagai berikut:

o Tidak menggunakan Kop Surat
o Tidak mencantumkan nomor surat, perihal dan lampian
o Ditulis dengan format bebas
o Menggunakan bahasa bebas.

Gambar untuk Macam Contoh Surat Pribadi Yang Baik dan Benar

Nah dari penjelasan di atas, sedikitnya kita sudah mempunyai gambaran bagaimana format surat pribadi yang baik dan benar. Namun supaya lebih jelas lagi, mari langsung saja kita perhatikan beberapa contoh yang sudah admin siapkan untuk anda di bawah ini.

Contoh Surat Pribadi Untuk Guru

Bekasi, 17 Mei 2017

Teruntuk Ibu Guruku,

Assalamualaikum wr. wb.

Bagaimana kabar Ibu? Saya berharap Ibu dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Oh iya Bu, saya ingin menyampaikan sebuah berita gembira pada Ibu. Berita inilah yang menjadi harapan kita berdua ketika Saya masih berada di bangku SMA dulu, Saya saat ini telah berhasil terpilih sebagai atlet renang yang akan mewakili Indonesia dalam ajang Sea Games tahun ini.

Saya ingin mengucapkan terimakasih kepada Ibu atas didikan dan bimbingan Ibu selama ini. Saya tidak akan pernah melupakan jasa - jasa Ibu karena Ibulah yang telah menemukan bakat yang ada di dalam diri saya dan Ibulah yang sudah membimbing saya menjadi atlet yang terkenal seperti sekarang ini.

Tiada kata lelah apalagi putus asa dalam mendidik saya. Ibu selalu melatih saya dengan penuh keyakinan dalam hati Ibu. Ibu selalu memotivasi dan menyakinkan Saya untuk menjadi atlet yang hebat kedepan. Kini semua usaha Ibu selama ini telah terbayarkan Bu.

Oleh karena itu, saya sangat berterimakasih kepada Ibu atas jasa - jasa yang telah Ibu berikan kepada Saya. Selain itu, saya juga mengundang Ibu untuk menemani saya ke Singapura untuk melihat dan menyemangatiku di sana. Saya akan menjemput Ibu dan keluarga 2 hari lagi.

Sekian surat ini, kita akan lanjutkan obrolannya nanti pada saat kita bertemu Bu.

Salam Hormat,


Andi Nugroho

Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua

Jakarta, 18 Mei 2017

Kepada Ayah dan Ibu
Di Aceh

Assalamualaikum Wr. Wb.

Ayah ibu apa kabar disana? Semoga ayah dan ibu dalam keadaan sehat walafiyat ya. Aku disini dalam keadaan sehat dan baik-baik saja ya Yah Bu.

Aku tidak bisa pulang ke Aceh untuk liburan semester ini karena aku akan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan di salah satu instansi di Jakarta selama 2 bulan. Ayah dan Ibu tidak usah khawatir untuk beberapa bulan kedepan aku masih mempunyai cukup uang tabungan. Ayah Ibu, Aku akan belajar dengan sungguh-sungguh supaya bisa mendapat nilai yang bagus dan segera bisa pulang tepat waktu karena aku sangat merindukan ayah, ibu, kakak, adik di rumah. Hanya ini saja yang bisa aku sampaikan kepada ayah dan ibu. Aku minta doa restu dari ayah dan ibu semoga diberi kelancaran dan kemudahan  dalam menjalani segala aktifitas.

Sekian surat dariku, jaga kesehatan ayah dan ibu.

Wassalamualaikum wr. Wb.

Salam sayang


Zulfajri

Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak

Banda Aceh, 19 Mei 2017

Kakakku Mirna
di Kuala Lumpur

Assalamualaikum wr.wb.

Apa kabarmu disana Kak? Aku berharap semoga kakak selalu dalam lindungan Allah SWT. Kabar kami sekeluarga Alhamdulillan baik dan sehat semua disini, cuma ada satu yang kurang. Yaitu kehadiranmu kak disini. Keluarga disini semua sangat merindukan kakak. Lebih-lebih si Doni yang selalu nanyain kakak kapan pulang. Dia juga berpesan kalo kaka pulang nanti, dia minta oleh-oleh.

Ayu ada kabar baik ni Kak, dalam seleksi penerimaan cpns tahun 2017 kemarin, Ayu lulus dalam tahap awalnya kak Tes TKD namanya kalo tidak salah, doain ya semoga tahap berikutnya bisa lulus lagi dengan hasil yang memuaskan.

Oya Kak, Ayah sama Ibu nitip pesan, sholat lima waktu dan ngajinya jangan ditinggal kak, istirahat yang cukup, makan juga harus teratur dan jangan keluar malam kalo tidak terlalu penting. Mungkin itu saja dulu ya kak, dibales surat ini loh kak ya, kalo tidak Ayu ngambeuk. Jaga diri baik-baik kakakku sayang. Kami sekeluarga sayang dan bangga sama Kakak.

Adikmu Yang Paling Bawel


Ayu Astuti

Contoh Surat Pribadi Untuk Kakek dan Nenek

Bangka Belitung, 20 Mei 2017

Yang tersayang
Kakek dan Nenek
di Bandung

Assalamualaikum Wr. Wb.

Keadaan Siti, Ayah, Ibu, dan Kakak di Bangka Belitung sehat walafiat, Siti harap Kakek dan Nenek di sana juga demikian.

Kakek dan Nenek, Sebenarnya Siti sudah kangen sekali ingin menjenguk Kakek dan Nenek, namun keadaan di Bangka Belitung sangat menyedihkan saat ini. Hutan seluas 700 hektar terbakar. Asap putih terus mengepul, pemandangan alam yang seharusnya menghijau kini beralih menjadi kuning kecoklat-coklatan akibat daun ilalang yang terbakar.

Kakek dan Nenek, untuk sekarang ini kami belum bisa pulang untuk menjenguk Kakek dan Nenek dikarenakan penerbangan terganggu dan perjalanan laut pun juga mengalami kendala. Kami disini sehari-hari harus memakai masker penutup hidung dan mulut. Kakek dan Nenek, doakan semoga bencana ini cepat bisa diatasi dan kami bisa dengan segera menjenguk Kakek dan Nenek. Kami sekeluarga berdoa, mudah-mudahan Kakek dan Nenek sehat dan dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Kami semua sayang Kakek dan Nenek.

Wassalamualaikum Wr. Wb.


Siti Aminah

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat

Bogor, 21 Mei 2017

Sahabatku,
Doni
Di Medan

Assalamualaikum Wr. Wb

Hai Don, apa kabarmu? Sehat dan bahagia hidup kau kan? Sudah lama rasanya ya kita tidak jumpa. Sejak tiga tahun yang lalu tepatnya saat aku dan keluarga memutuskan pindah ke Bogor aku tidak pernah lagi mendengar kabar tentang Kau Don. Aku berharap kau selalu dalam perlindungan Allah SWT di manapun kau  berada.

Akhir bulan ini keluarga aku berencana pulang ke Medan untuk menjenguk nenekku yang sedang sakit. Aku berharap pada hari itu aku bisa ikut rombongan menjenguk kampung halaman sekalian bersilaturahmi dengan kalian-kalian para sahabat kecilku yang sangat ku rindukan.

Tapi Allah berkehendak lain. Hari itu ternyata aku ada ujian semester di kampusku. Sehingga dengan berat hati pertemuan harus diundur di lain waktu.

Don, sekian dulu, ya! Sampaikan salam sekaligus permintaan maafku buat teman-teman yang lain. Semoga lain kali kita bisa berjumpa. Yang semangat kau Don :D

Sahabatmu,


Anwar
Itulah tadi beberapa macam contoh surat pribadi yang baik dan benar yang bisa admin hadirkan untuk anda pada postingan kali ini. Semoga contoh-contoh surat pribadi di atas bisa mengisnpirasi anda yang ingin membuat surat pribadi. Jika penjelasan dan surat di atas bermanfaat, maka silahkan like dan share melalui tombol di bawah. Jika diperlukan, silahkan baca juga contoh surat pribadi singkat untuk keluarga, orang tua dan guru. Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses dari contohsuratpos1.blogspot.com.