Contoh Surat Pernyataan Belum Pernah Menikah

Contoh Surat Pernyataan Belum Pernah Menikah − Alhamdulillah bertemu lagi dengan admin untuk kembali membagikan contoh surat pernyataan terbaru untuk anda. Sebelumnya admin sudah memposting contoh surat pernyataan perjanjian pertanggung jawaban. Sedangkan kali ini admin akan memberikan contoh surat pernyataan belum menikah. Nah bagi anda yang saat ini sedang mencari referensi cara membuat surat pernyataan belum pernah menikah, maka silahkan simak terus halaman ini sampai selesai.

Tidak jarang kita temui pada saat ingin melamar sebuah pekerjaan tertentu di sebuah perusahaan/instansi mengharuskan pelamarnya untuk melengkapi berkas dokumen persyaratan seperti surat pernyataan belum menikah. Memang tidak semua perusahaan mengharuskan pelamarnya untuk membuat surat pernyataan belum menikah ini, namun beberapa perusahaan tertentu mengharuskannya dengan tujuan tertentu pula.

Surat pernyataan belum pernah menikah adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang menyatakan bahwa dirinya belum menikah atau belum pernah menikah sebelumnya. Surat ini tergolong dalam surat non resmi yang isinya tidak lain tentang biodata diri seseorang.

Cara Membuat Surat Pernyataan Belum Menikah

Bagi anda yang sudah berpengalaman dalam membuat surat pernyataan belum pernah menikah ini tentunya tidak akan mengalami kendala dalam membuatnya, namun bagi anda yang belum tahu bagaimana format dari surat ini tentunya akan sedikit kebingungan. Namun anda tidak perlu khawatir, anda hanya perlu mengetahui bagian-bagian dari surat pernyataan supaya dapat membuatnya sendiri. Adapun bagian-bagian dari surat pernyataan belum menikah adalah sebagai berikut:

1. Uraian biodata diri yang mencakup nama, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, agaman, warga negara serta alamat;
2. Isi yang merupakan pernyataan bahwa belum pernah menikah;
3. Pernyataan siap untuk menerima sanksi jika pernyataan yang dibuat tidak benar;
4. Tempat tanggal surat;
5. Nama dan tanda tangan pembuat pernyataan.

Gambar untuk Contoh Surat Pernyataan Belum Pernah Menikah

Dengan mengetahui bagian-bagian seperti yang sudah dijelaskan di atas, admin yakin sekarang anda sudah sedikit paham bagaimana format surat pernyataan belum menikah yang baik dan benar. Namun agar lebih jelas lagi, langsung saja kita simak beberapa contoh yang sudah admin sedikan untuk anda di bawah ini.

Contoh Surat Pernyataan Belum Pernah Menikah I

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                   : Aidul Azhari
Jenis Kelamin      : Laki-laki
Tempat/Tgl. Lahir : Aceh Besar, 11 Januari 1987
Agama                 : Islam
Warga Negara     : Indonesia
Alamat                 : Jln. Melati No. 78 Aceh Besar

Menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa saya sampai saat ini belum pernah menikah dengan siapapun baik itu secara hukum agama, hukum negara maupun hukum adat dan benar-benar masih lajang.

Demikian surat pernyataan ini saya perbuat sesuai dengan keadaan yang sebenanya. Dan jika pernyataan saya ini tidak benar, maka saya bersedia dituntut sesuai dengan undang-undang dan hukum yang berlaku.

Aceh Besar, 9 Mei 2017


Aidul Azhari

Contoh Surat Pernyataan Belum Pernah Menikah II

SURAT PERNYATAAN BELUM MENIKAH

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                   : Nahriati
Bin/binti                : Syarifuddin
Tempat/Tgl. Lahir : Banda Aceh, 26 Juli 1992
Kebangsaan        : Indonesia
Agama                 : Islam
Pekerjaan            : Pegawai Honorer Pemda
No.KTP                : 1106524323456723
Alamat                 : Jln. Mawar No. 54 Banda Aceh

Menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa saya sampai saat ini belum pernah menikah dengan siapapun baik secara Hukum Agama, Hukum Adat, maupun Hukum Negara dan benar-benar masih Perjaka (Bujang)/Gadis (Perawan).

Demikian surat pernyataan ini saya perbuat dengan sebenarnya dan dalam keadaan sadar. Apabila di kemudian hari ternyata pernyataan ini tidak benar, maka saya siap dibawa kehadapan hukum.

Banda Aceh, .9 Mei 2017

Saya Yang Menyatakan                                                         Mengetahui Kepala Desa

Materai Rp. 6000,

Nahriati                                                                                                 Samsuar

Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah III

SURAT PERNYATAAN BELUM MENIKAH

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                    : Togu
Tempat, Tgl. Lahir : Medan, 22 Juni 1993
Usia                       : 24 Tahun
Jenis Kelamin       : Perempuan
Agama                  : Islam
Alamat                  : Jln. Kenari No. 67 Medan
No. KTP                : 2227536754675467

Menyatakan bahwa saya benar-benar belum pernah menikah. Pernyataan ini saya perbuat guna untuk persyaratan bekerja di PT Indah Lestari.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Dan apabila di kemudian hari saya ketahuan telah menikah, saya bersedia dituntut sesuai aturan yang berlaku.

Medan, 9 Mei 2017

Yang Membuat Pernyataan,                                                        Mengetahui Ketua RT,



Togu                                                                                                        Sumoko
Itulah tadi contoh surat pernyataan belum pernah menikah yang dapat admin berikan untuk anda pada kesempatan ini, semoga penjelasan dan contoh di atas dapat menambah wawasan kita tentang surat pernyataan belum menikah. Dan bagi anda yang ingin membuat surat ini dapat terbantu dengan adanya contoh di atas. Silahkan like dan share melalui tombol di bawah kepada teman-teman yang lain. Dan jika dibutuhkan, silahkan lihat juga contoh surat pernyataan kesanggupan untuk kontrak kerja. Terima kasih sudah singgah di blog sederhana ini dan salam sukses dari contohsuratpos1.blogspot.com.