Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Lengkap

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah − Selamat pagi para pengunjung setia contohsuratpos.com semuanya dimanapun anda berada. Pada kesempatan kali ini admin akan kembali membagikan sebuah contoh surat izin. Namun sebelum itu, pada postingan sebelumnya admin juga sudah membagikan contoh surat izin tidak masuk kuliah. Sedangkan pada kesempatan ini admin akan bagikan contoh surat izin tidak masuk sekolah karena berbagai keperluan, seperti karena urusan keluarga maupun karena sakit. Nah jika anda sedang mencari referensi dalam membuat surat izin sekolah ini, maka simak terus halaman ini sampai selesai.

Sebelum admin bagikan contohnya untuk anda, kita simak terlebih dahulu apa itu surat izin tidak masuk sekolah. Surat izin tidak masuk sekolah merupakan sebuah surat pribadi yang dibuat oleh seorang murid/wali murid yang dikirimkan ke pihak sekolah yang isinya ialah permintaan izin karena tidak dapat mngikuti pelajaran dalam waktu tertentu dikarenakan suatu hal. Surat ini mempunyai tujuan untuk memberitahukan pihak sekolah (guru/wali kelas) bahwa siswa bahwa siswa yang namanya disebutkan dalam surat tidak dapat mengikuti pelajaran tertentu di waktu tertentu karena ada suatu hal. Surat izin ini sangatlah penting untuk dibuat supaya ketidakhadiran seorang murid dapat diketahui oleh pihak sekolah. Karena jika tanpa adanya pemberitahuan, maka tidak hadirnya siswa tersebut kesekolah akan dikategorikan Alpa, hal ini tentu akan merugikan siswa itu sendiri.

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Meskipun surat ini termasuk surat pribadi, namun penulisannya berbeda dengan surat pribadi yang ditunjukan kepada teman, saudara ataupun kerabat lainnya. Perbedaan mendasar terletak pada bahasa yang digunakan. Pada surat izin tidak masuk sekolah bahasa yang digunakan adalah bahasa yang formal karena ditujukan kepada instansi resmi yakni sekolah. Jadi surat ini juga dapat digolongkan dalam surat resmi.

Dalam membuat surat izin tidak masuk sekolah, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, yaitu pengirim surat yang berisi tentang informasi tentang siapa yang mengirimkan surat izin tersebut. Kemudian alasan surat izin yang menyatakan alasan sehingga seseorang murid tidak dapat hadir ke sekolah. Dan terakhir adalah tujuan surat izin yang berisikan kepada siapa surat tersebut ditujukan, apakah ke kepala sekolah ataupun ke wali kelas siswa bersangkutan.

Seperti yang sudah admin singgung di atas bahwa surat izin tidak masuk sekolah juga tergolong surat resmi, sehingga bagian-bagian atau formatnya tentu juga harus mengikuti format yang resmi pula. Dapun bagian-bagian dari surat izin tidak masuk sekolah adalah sebagai berikut:

o Tempat dan Tanggal Surat
o Alamat Surat
o Salam Pembuka
o Kalimat Pembuka Surat
o Isi Surat
o Salam Penutup
o Penanggung Jawab

Gambar untuk Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Lengkap

Nah jika kamu atau adikmu sedang berhalangan hadir ke sekolah, baik karena sakit atau keperluan penting, maka kamu bisa membuat surat izin tidak masuk sekolah. Dan bagi anda yang sudah berpengalaman dalam membuat surat ini tentu tidak akan mengalami suatu kendala dalam membuatnya, namun bagi anda yang belum pernah membuatnya, maka anda akan mengalami kesulitan dalam membuatnya. Nah untuk memudahkan anda dalam membuat surat izin tidak masuk sekolah tersebut. Di bawah ini sudah admin siapkan beberapa contohnya untuk anda, mari langsung kita simak bersama.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit

Bandung, 21 April 2017

Yth. Ibu Wali Kelas
Kelas VII B SMPN 1 Bandung

Assalamu'alaikum wr. wb

Dengan hormat,
Dengan surat ini saya beritahukan bahwa pada hari ini anak saya yang bernama Zulfikar, Kelas VII B, tidak dapat mengikuti pelajaran sebagai mana mestinya karena sakit.

Demikian pemberitahuan ini saya sampaikan, semoga Ibu dapat memakluminya. Atas perhatian Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu'alaikum wr. wb

Hormat saya,


Suherman

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Keperluan Keluarga

Banda Aceh, 21 April 2017

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas VII C
SMPN 1 Banda Aceh
  
Dengan Hormat
Dengan ini saya orang tua/wali murid dari:

Nama  : Agustian
Siswa  : Kelas VII C SMPN 1 Banda Aceh
Alamat : Jln. Angsa No. 43 Banda Aceh

memberitahukan bahwa adik saya tersebut di atas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Jumat 21 April 2017 dikarenakan ada keperluan keluarga yang tidak bisa ditinggalkan. Oleh karena itu sudi kiranya Bapak/Ibu guru memberikan izin dan memakluminya.

Demikian surat izin ini saya buat, atas pemberian izin dan kebijaksanaan Bapak/Ibu Guru Wali Kelas saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,
Wali Murid


Marzuki

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Ada Kepentingan

Medan, 21 April 2017

Kepada Yth. Bapak/Ibu Guru
SMA Negeri 1 Medan

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                   : Rohman
Tempat/Tgl. Lahir : Medan, 10 Februari 1965
Alamat                  : Jln. Mawar No. 55 Medan

Atas nama orang tua dari anak yang bernama Ikhlas Saputra kelas XI IPA 3, dengan ini mohon izin kepada Bapak/Ibu Guru di Sekolah SMA Negeri 1 Medan. Bahwasanya mulai hari Jumat tanggal 21 April 2017 s/d hari Sabtu tanggal 22 Maret 2016, yang bersangkutan tidak dapat hadir untuk mengikuti pelajaran seperti biasanya, dikarenakan ada keperluan yang sangat penting di kampung halaman. Maka dari itu kiranya Bapak/Ibu Guru berkenan memberi izin kepada anak saya tersebut.

Demikian surat izin ini dibuat, atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih

Hormat Saya
Orang Tua


Rohman

Contoh Surat Izin Sekolah Buatan Sendiri

Banda Aceh, 21 April 2017

Yth Bapak/Ibu Guru wali kelas 3A
SMA NEGERI 4 Banda Aceh
Di tempat

Dengan hormat,
Saya siswa kelas 3A yang bernama :

Nama   : Syarkawi
Absen  : 24
Alamat : Jln. Mawar No. 43 Banda Aceh

Dengan surat ini, memberitahukan bahwa saya tidak bisa hadir di sekolah untuk mengikuti pelajaran seperti biasa. Yakni pada hari ini, Jumat, 21 April 2017 dikarenakan ada keperluan keluarga yang mengharuskan saya turut serta. Oleh karena itu sudi kiranya Bapak/Ibu guru memberikan izin dan memakluminya.

Demikian surat ini saya buat, atas perhatian dan izin yang Bapak/Ibu guru berikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya


Syarkawi
Demikianlah 3 contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit dan keperluan keluarga yang dapat admin bagikan pada kesempatan ini. Mudah-mudahan contoh surat izin tidak masuk sekolah di atas dapat memberikan manfaat tersendiri bagi anda, terutama bagi anda yang sedang mencari referensi membuat surat izin tersebut. Dan jika bermnafaat, maka dukung kami dengan cara like dan share melalui tombol di bawah. Dan jika anda berkenan, silahkan baca juga contoh surat cuti kerja. Terima kasih sudah berkunjung dan salam sukses dari contohsuratpos1.blogspot.com.