Contoh Surat Memorandum Berbagai Format Lengkap

Contoh Surat Memorandum − Puji syukur pada pagi hari ini admin masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk kembali berbagi contoh surat terbaru untuk anda. Pada postingan sebelumnya, admin sudah bagikan contoh surat memo dalam bahasa Inggris beserta Artinya. Sedangkan pada kesempatan ini, admin juga akan kembali membagikan beberapa contoh surat memorandum berbagai format. Nah bagi anda yang sedang mencari referensi dalam menyusun surat memo tersebut, maka silahkan simak terus halaman ini sampai selesai.

Sebelum admin bagikan contohnya untuk anda, seperti biasa admin akan jelaskan terlebih dahulu apa itu surat memorandum? Surat memorandum adalah sebuah surat dinas yang ditulis secara singkat, padat serta jelas yang berisikan tentang penjelasan, arahan ataupun perintah untuk melaksanakan, megerjakan atau mengingatkan suatu hal. Surat ini ada yang bersifat resmi dan tidak resmi. Surat memorandum yang resmi hanya dibuat oleh seseorang atasan kepada bawahannya, baik itu di dalam suatu perusahaan, instansi maupun organisasi.

Cara Membuat Surat Memorandum

Bahasa yang digunakan dalam surat memorandum adalah bahasa yang resmi atau formal. Namun jika sifatnya tidak resmi, maka surat ini dapat dibuat secara bebasa oleh siapapun dan boleh pula menggunakan bahasa yang bebas atau tidak formal, namun tetap harus memperhatikan etika dan tata bahasa yang sopan.

Adapun bagian-bagian dari surat memorandum secara umum tidak jauh berbeda dengan surat-surat resmi lainnya, seperti adanya bagian kepala surat, isi dan bagian kaki surat. Untuk lebih lengkap berikut rinciannya:

1. Kepala surat
2. Nomor surat
3. Penerima surat
4. Pengirim surat
5. Tanggal dan tempat pengiriman
6. Isi surat
7. Nama dan tanda tangan pengirim surat

Gambar untuk Contoh Surat Memorandum Berbagai Format Lengkap

Nah dari penjelasan yang sudah admin uraikan di atas, admin yakin anda sudah begitu paham bagaimana format surat memorandum yang baik dan benar. Dan untul lebih jelasnya, langsung saja kita simak beberapa contoh yang sudah admin siapkan di bawah ini.

Contoh Surat Memorandum Resmi pada Organisasi Kepemudaan

KARANG TARUNA WARGA RW 03
KELURAHAN ASRI SEJUK KECAMATAN ABC
KOTA BOGOR PROVINSI JAWA BARAT
Sekretariat. Jln.  Angsa No. 2 Telp. 023 567845 Mobile. 0896 5647 4567 =====================================================================

SURAT MEMORANDUM

Kepada  : Sekretaris Karang Taruna RW 03
Dari        : Ketua Karang Taruna RW 03
Tanggal  : 17 April 2017

Mohon segera dibuatkan surat pengantar untuk divisi dana dan usaha agar dapat memberikan proposal kegiatan acara HUT RI ke 72  kepada perusahaan calon sponsor paling lambat Rabu, 19 April 2017, pukul 16.00.

Tertanda,


Sunarto
Ketua Karang Taruna RW 03

Contoh Surat Memorandum Resmi pada Perusahaan

PT. ABADI JAYA
Jln. Seudati no. 43 Bandung, 670977
Telp. 022 564534 Fax. 022 564534
Website: www.abadijaya.com Email: info@abadijaya.com =====================================================================

MEMO

No.        : 206/AJ/M/04/2017
Kepada : Manager Keuangan
Dari       : Direktur Utama

Harap untuk menyiapkan laporan keuangan perusahaan bulan Januari – Mei 2017 untuk bahan rapat dan hadir pada rapat tersebut pada :

Hari       : Senin
Tanggal : 5 Juni 2017
Tempat  : Aula Kantor Pusat PT. Abadi Jaya

Tolong dilaksanakan secara teliti dan sebaik - baiknya karena akan ada tim audit yang memeriksa.

Bandung, 17 April 2017

Direktur Utama
PT. Abadi Jaya


Muksalmina, SH

Contoh Surat Memorandum Tidak Resmi

Banda Aceh, 17 April 2017

Untuk  : Kakakku, Ikhsan
Dari    : Adikmu, Irfan Maulana

Kak, hari ini aku akan pulang terlambat karena ada latihan teater dulu di sekolah untuk acara perpisahan kakak kelas tanggal 30 April 2017. Jadi nanti kakak tidak perlu jemput, aku akan pulang bareng sama Akmal.

Adikmu,


Irfan Maulana
Demikianlah 3 contoh surat memorandum resmi dan tidak resmi yang dapat admin bagikan untuk anda pada kesempatan ini. Semoga ketiga contoh di atas bisa memberikan manfaat tersendiri untuk anda, khsusunya bagi anda yang sedang membutuhkan referensi untuk membuat surat memo. Jika contoh surat memorandum di atas berguna, silahkan dukung kami dengan cara like dan share melalui tombol di bawah. Dan sebagai tambahan, silahkan baca juga contoh surat dinas resmi sekolah. Terima kasih sudah berkunjung dan salam sukses dari contohsuratpos1.blogspot.com.